LAPORAN HASIL WAWANCARA
PENAMBAHAN SARANA PERKRETAAPIAN DI JAKARTA
(STASIUN MANGGARAI DAN SEKITARNYA)
I. LATAR BELAKANG
Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi rahmat dan hidayah nya sehingga saya dan kelompok saya selaku mahasiswa dari Universitas Gundarama dapat mewewancari salah satu narasumber kami agar kami bisa mendaptakan informasi yang lebih menditail tentang pembangunan yang sedang berlangsung di Stasiun Manggarai dan sekitanya.
II. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Memenuhi tugas ISD (Ilmu Sosial Dasar)
2. Mendapatkan informasi yang mendalam tentang proyek transportasi umum
3. Memahami dan menguasai kegiatan wawancara dengan bagian proyek
4. Mengenal lingkungan proyek secara langsung (sangat penting dalam jurusan kamu (Teknik Sipil)
III. LAPORAN HASIL WAWANCARA
Narasumber : Muhammad Faisal
Pewawancara : - Aisyah Bella (10316426)
- Satrio Chondrodimuko (16316874)
- Muhammad Favian Ali (14316845)
Juru Foto : - Aisyah Bella (10316426)
- Satrio Chondrodimuko (16316874)- Muhammad Favian Ali (14316845)
HASIL WAWANCARA
Pada hari Sabtu, 10 Desember 2016 kami mendatangi Site Office PT. Adhikarya (Persero). Lalu kami menemui narasumber kami yaitu Bapak Muahmmad Faisal. Sebelumnya kami telah menghubunginya untuk membuat janji terlebih dahulu. Lalu kami melakukan wawancara di gedung tersebut dan Bapak M. Faisal banyak memberikan penjelasan kepada kami bagaimana proyek ini berjalan.
Pertanyaan Isi:
1. Nama Bapak Siapa?
Muhammad Faisal
2. Proyek ini dimulai tahun berapa?
Dimulai dari
tahun 2015,petengahan 2015 tapi baru ada ‘action’ mulai dari Juni 2016
3. Dana yang dikeluarkan sekitar berapa?
Biaya dari
kontrak 450 Milliar kurang lebih
4. Apa tujuan proyek ini?
Menjadikan
St. Manggarai sebagai salah satu pusat kegiatan perkeretaapian di Jakarta. Untuk
itu kami akan merenovasi Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara, membangung
stasiun Matraman dan penambahan track jalur kereta (Double-double track) dari
St.Manggarai sampai St.Jatinegara.
5. Siapa project manager
dariproyekini?
Bapak Sri Mardiyono, S.T
6. Bagaimana proses
proyek ini akan berjalan sampai selesai?
Proyek ini bertahap,misal untuk Stasiun Jatinegara,itu dibagi menjadi
3 zona,sekarang kita lagi mengerjakan zona A dulu, zona A akan dibangun Stasiun baru
yang nanti akan digabung dengan stasiun jatinegara yang lama. Setelah zona A selesai,
track sudah bisa masuk kita lanjut ke Zona B, untuk masuk ke zona B kita akan menggusur Stasiun Jatinegara
yang sudah ada. Di manggarai juga seperti itu, dibagi menjadi zona A zona B,jadi setelah zona
A selesai,penumpang semua diarahkan ke zona A lalu zona B kitabangunkembali. Jadi
proses disini gabisa langsung mengerjakan secara keseluruhan.
7. Kapan
Perkiraan proyek ini selesai?
Tahun 2019
8. Apa aja kendala yang sering terjadi di lapangan?
Dan bagai mana cara mengatasinya?
Pertama, cuaca,kalo
hujan kita gabisa apa apa. Cara mengatasinnya dengan kerja lebih pagi dan
lembur
Kedua, perizinan,
untuk perizinan kita temui pihak yang terkait atau owner untuk melaporkan
kegiatan yang akan kita lakukan
Ketiga, kabel
kabel yang dibawah tanah. Untuk itu kita harus mengadakan ‘Join Survey’ dan rapat dengan kontraktor yang mengerjakan bagian
itu.
Keempat jaringan listrik
atau listrik aliran atas (LAA) itu ada kontraktornya juga yang mengerjakan jadi
harus terus koordinasi.
Jadi disini itu
kerjanya ‘Estafet’ saling menunggu
giliran,tidak bisa langsung mengerjakan karena di proyek ini dibagi menjadi 4
bagian yaitu Track, Bangungan gedung , bangunan sipil dan persinyalan. Adhi
Karya mendapat bagian untuk mengerjakan bangunan gedung.
KESIMPULAN
Proyek yang sudah dimulai dari pertengahan 2015 ini bertujuan untuk enjadikan St. Manggarai sebagai salah satu pusat kegiatan perkeretaapian di Jakarta. Untuk itu kami akan merenovasi Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara, membangung stasiun Matraman dan penambahan track jalur kereta (Double-double track) dari St.Manggarai sampai St.Jatinegara. Dengan memkan biaya sebesar 450 Miliar. Diharapkan akan selesai pada tahun 2019.
Proyek ini bertahap,misal untuk Stasiun Jatinegara,itu dibagi menjadi 3 zona,sekarang kita lagi mengerjakan zona A dulu, zona A akan dibangun Stasiun baru yang nanti akan digabung dengan stasiun jatinegara yang lama. Setelah zona A selesai, track sudah bisa masuk kita lanjut ke Zona B, untuk masuk ke zona B kita akan menggusur Stasiun Jatinegara yang sudah ada. Di manggarai juga seperti itu, dibagi menjadi zona A zona B,jadi setelah zona A selesai,penumpang semua diarahkan ke zona A lalu zona B kitabangunkembali. Jadi proses disini gabisa langsung mengerjakan secara keseluruhan.
Banyak kendala yang dihadapi dalam proyek ini seperti cuaca, perizinan, kabel yang sudah ada sbelumnya, listrik, dan pada proyek ini juga dikerjakan secara bergantian karena tidak bisa langsung menutup satu stasiun untuk merenovasi ini. Dengan di project manageri oleh Bapak Sri Mardiyono, S.T kami harap proyek ini dapat selesai tepat waktu.
IV. FOTO DOKUMENTASI
Foto Narasumber:
M.Faisal( Project Planner), PT.AdhiKarya, Persero (Tbk), Departement
Engineering
Proses pengeboran di Manggarai
Setelah pengecoran di Jatinegara
V. PENUTUP
Sekian hasil wawancara kami bersama narasumber dalam proyek di Maggarai. Semoga hasil wawancara kami ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar