Jumat, 16 Desember 2016


LAPORAN HASIL WAWANCARA 


PENAMBAHAN SARANA PERKRETAAPIAN DI JAKARTA 
(STASIUN MANGGARAI DAN SEKITARNYA)


I. LATAR BELAKANG 

                 Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi rahmat dan hidayah nya sehingga saya dan kelompok saya selaku mahasiswa dari Universitas Gundarama dapat mewewancari salah satu narasumber kami agar kami bisa mendaptakan informasi yang lebih menditail tentang pembangunan yang sedang berlangsung di Stasiun Manggarai dan sekitanya.

II. MAKSUD DAN TUJUAN 

     1. Memenuhi tugas ISD (Ilmu Sosial Dasar)
     2. Mendapatkan informasi yang mendalam tentang proyek transportasi umum
     3. Memahami dan menguasai kegiatan wawancara dengan bagian proyek
     4. Mengenal lingkungan proyek secara langsung (sangat penting dalam jurusan kamu (Teknik     Sipil)

III. LAPORAN HASIL WAWANCARA
      
      Narasumber    : Muhammad Faisal 
      Pewawancara  : - Aisyah Bella (10316426)
                                - Satrio Chondrodimuko (16316874)
                                - Muhammad Favian Ali (14316845)
      Juru Foto        :  - Aisyah Bella (10316426)
                                - Satrio Chondrodimuko (16316874)
                                - Muhammad Favian Ali (14316845)

HASIL WAWANCARA


                                 Pada hari Sabtu, 10 Desember 2016 kami mendatangi Site Office PT. Adhikarya (Persero). Lalu kami menemui narasumber kami yaitu Bapak Muahmmad Faisal. Sebelumnya kami telah menghubunginya untuk membuat janji terlebih dahulu. Lalu kami melakukan wawancara di gedung tersebut dan Bapak M. Faisal banyak memberikan penjelasan kepada kami bagaimana proyek ini berjalan.

Pertanyaan Isi:
1. Nama Bapak Siapa?

Muhammad Faisal

2. Proyek ini dimulai tahun berapa?

Dimulai dari tahun 2015,petengahan 2015 tapi baru ada ‘action’  mulai dari Juni 2016

3. Dana yang dikeluarkan sekitar berapa?

Biaya dari kontrak 450 Milliar kurang lebih

4. Apa tujuan proyek ini?

Menjadikan St. Manggarai sebagai salah satu pusat kegiatan perkeretaapian di Jakarta. Untuk itu kami akan merenovasi Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara, membangung stasiun Matraman dan penambahan track jalur kereta (Double-double track) dari St.Manggarai sampai St.Jatinegara.

5. Siapa project manager dariproyekini?

Bapak Sri Mardiyono, S.T

6. Bagaimana proses proyek ini akan berjalan sampai selesai?

Proyek ini bertahap,misal untuk Stasiun Jatinegara,itu dibagi menjadi 3 zona,sekarang kita lagi mengerjakan zona A dulu, zona A akan dibangun Stasiun baru yang nanti akan digabung dengan stasiun jatinegara yang lama. Setelah zona A selesai, track sudah bisa masuk kita lanjut ke Zona B, untuk masuk ke zona B kita akan menggusur Stasiun Jatinegara yang sudah ada. Di manggarai juga seperti itu, dibagi menjadi zona A zona B,jadi setelah zona A selesai,penumpang semua diarahkan ke zona A lalu zona B kitabangunkembali. Jadi proses disini gabisa langsung mengerjakan secara keseluruhan.

7. Kapan Perkiraan proyek ini selesai?

Tahun 2019

8. Apa aja kendala yang sering terjadi di lapangan? Dan bagai mana cara mengatasinya?

Pertama, cuaca,kalo hujan kita gabisa apa apa. Cara mengatasinnya dengan kerja lebih pagi dan lembur
Kedua, perizinan, untuk perizinan kita temui pihak yang terkait atau owner untuk melaporkan kegiatan yang akan kita lakukan
Ketiga, kabel kabel yang dibawah tanah. Untuk itu kita harus mengadakan ‘Join Survey’ dan rapat dengan kontraktor yang mengerjakan bagian itu.
Keempat jaringan listrik atau listrik aliran atas (LAA) itu ada kontraktornya juga yang mengerjakan jadi harus terus koordinasi.


Jadi disini itu kerjanya ‘Estafet’ saling menunggu giliran,tidak bisa langsung mengerjakan karena di proyek ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu Track, Bangungan gedung , bangunan sipil dan persinyalan. Adhi Karya mendapat bagian untuk mengerjakan bangunan gedung.

KESIMPULAN


           Proyek yang sudah dimulai dari pertengahan 2015 ini bertujuan untuk enjadikan St. Manggarai sebagai salah satu pusat kegiatan perkeretaapian di Jakarta. Untuk itu kami akan merenovasi Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara, membangung stasiun Matraman dan penambahan track jalur kereta (Double-double track) dari St.Manggarai sampai St.Jatinegara. Dengan memkan biaya sebesar 450 Miliar. Diharapkan akan selesai pada tahun 2019. 
          Proyek ini bertahap,misal untuk Stasiun Jatinegara,itu dibagi menjadi 3 zona,sekarang kita lagi mengerjakan zona A dulu, zona A akan dibangun Stasiun baru yang nanti akan digabung dengan stasiun jatinegara yang lama. Setelah zona A selesai, track sudah bisa masuk kita lanjut ke Zona B, untuk masuk ke zona B kita akan menggusur Stasiun Jatinegara yang sudah ada. Di manggarai juga seperti itu, dibagi menjadi zona A zona B,jadi setelah zona A selesai,penumpang semua diarahkan ke zona A lalu zona B kitabangunkembali. Jadi proses disini gabisa langsung mengerjakan secara keseluruhan.
           Banyak kendala yang dihadapi dalam proyek ini seperti cuaca, perizinan, kabel yang sudah ada sbelumnya, listrik, dan pada proyek ini juga dikerjakan secara bergantian karena tidak bisa langsung menutup satu stasiun untuk merenovasi ini. Dengan di project manageri oleh Bapak Sri Mardiyono, S.T kami harap proyek ini dapat selesai tepat waktu. 



IV. FOTO DOKUMENTASI


Foto Narasumber:
             M.Faisal( Project Planner),  PT.AdhiKarya, Persero (Tbk), Departement Engineering        


Proses pengeboran di Manggarai


Setelah pengecoran di Jatinegara


V. PENUTUP
          Sekian hasil wawancara kami bersama narasumber dalam proyek di Maggarai. Semoga hasil wawancara kami ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar